Jakarta, KompasOtomotif – KTM tak hanya piawai meracik sepeda motor trail. Produsen sepeda motor asal Austria itu juga punya jajaran model sport dengan aura khas. Salah satu yang paling galak adalah 1190 RC8, diklaim bertenaga massif dengan desain futuristik. PT Moto KTM Indonesia (MKI) membawanya serta mejeng di JMCS 2012.
Sebagai superbike, tenaganya didukung oleh mesin V-Twin 75 derajat DOHC, empat langkah, dengan kapasitas mesin 1.195cc. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga 174 PS pada putaran mesin 4.000 rpm. Torsi puncak mencapai 123 Nm pada 8.000 rpm. Tenaga itu sedikit di bawah Ducati Panigale 1199 yang mencapai 195 PS, tapi unggul dalam torsi. Jika dibandingkan lebih jauh, keduanya mempunyai karakter berbeda, Panigale lincah di jalan banyak tikungan, sedangkan RC8 lebih digdaya jalanan lurus.
Rangka tubular atau trellis menjadi andalan KTM untuk menopang seluruh berat bodi dan mesin. Otot kekar pada mesin sengaja tidak ditutup semua, dengan fairing yang sedikit memperlihatkan jatung V-Twinnya. Tampangnya galak dan kaku, mengikuti kontur bodi yang cenderung tajam-tajam. Lampu depan dan belakang sudah mengadopsi model LED dengan desain yang juga tajam.
Suspensi depannya menggunakan jenis upside down 4354, dan di belakang KTM lebih memilih lengan ayun konvensional yang dipadu suspensi monokok yang sering ditemui pada superbike kebanyakan. Dengan dua kombinasi ini membuat RC8 lebih stabil dalam pengendalian.
Ngiler? Sediakan Rp 400 juta untuk membawa pulang dengan status on the road, karena MKI sudah mulai menjualnya di Indonesia. Dengan harga selangit, jangan khawatir, karena sepeda motor ini dijamin legal dikendarai di jalanan umum.
0 komentar:
Posting Komentar